Minggu, 14 Juni 2015

RPP Termokimia K13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Ambon
Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas/Semester            : XI/Ganjil      
Materi pokok               : Termokimia
Alokasi Waktu            : 1x 4 JP

A.    Kompetensi Inti
KI 1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :  Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif..
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
3.5.Menentukan DH reaksi berdasarkan hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan
3.5.1        menentukan DH reaksi berdasarkan hukum Hess
3.5.2   menentukan DH reaksi berdasarkan data perubahan entalpi pembentukan standar
3.5.3   menentukan DH reaksi berdasarkan data energi ikatan.
C.      Tujuan Pembelajaran
1.         Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif
2.         Siswa dapat menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
3.         Siswa dapat menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab
4.         Siswa dapat menentukan DH reaksi berdasarkan hukum Hess
5.         Siswa dapat menentukan DH reaksi berdasarkan data perubahan entalpi pembentukan standar.
6.         Siswa dapat menentukan DH reaksi berdasarkan data energi ikatan.

D.   Materi Pembelajaran
·         Fakta
o   Perubahan Entalpi
o   Hukum Hess
o   Data entalpi pembentukan standar DH0f zat
o   Data energi ikatan
·         Konsep
o   Perubahan entalpi pada reaksi kimia
o   Perhitungan perubahan entalpi dari reaksi kimia
o   Perhitungan DH reaksi berdasarkan hukum Hess
o   Perhitungan DH reaksi berdasarkan data perubahan entalpi pembentukan standar.
o   PerhitunganDH reaksi berdasarkan data energi ikatan.

Masukan materi J
·         Prinsip
o   Perubahan entalpi
o   Reaksi – reaksi kimia
o   Prosedur
o   Langkah kerja percobaan daya hantar listrik dalam larutan

E.     METODE PEMBELAJARAN:
1.      Pendekatan                      : Saintifik
2.      Model                               : Problem based learning
3.      Metode pembelajaran     :Diskusi, Tanya jawab, Penugasan

F.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media.
Materi Diskusi,
2.      Alat/Bahan : Papan Tulis dan Spidol

3.      Sumber Belajar
·         J.M.C. Johari dan M. Rachawati, Kimia Kelas XI SMA /MA , ESIS (Erlangga) ,Jakarta
·         Supplement  books:
·         Paikem
·         Buku -  buku lain yang relevan
·         Lembar kerja    
·         Internet
·         LKS



G.    Langkah-langkahKegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa

Pendahuluan
A.Orientasi
1.   Guru memberikan salam dan menanyakan kabar para siswa
2.   Guru mengecek kehadiran siswa, dan mengkondisikan kelas untuk memulai Kegiatan Belajar Mengajar
B.Apersepsi

C.Motivasi

D.Pemberian Acuan
1.      Peserta didik enerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
2.      Peserta didik dibagi atas beberapa kelompok sesuai kondisi kelas
3.      Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih atau ditentukan


10 menit
Inti
Fase mengamati (Observing)

1.    Guru membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 6 atau 7 orang dengan  tingkat kemampuan yang heterogen
2.    Guru menampilkan gambar  yang menunjukkan adanya bentuk-bentuk system
3.    Guru menampilkan gambar dalam perirtiwa sehari-hari yang berhubungan dengan panas.
4.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Fase  menanya (questioning)

1.   Siswa menuliskan pertanyaan –pertanyaan dari hasil pengamatanya dalam bentuk catatan kecil.
2.   Antar siswa dalam kelompoknya saling bertanya tentang  penemuannya
3.   Siswa bertanya kepada  guru apabila ada hal tidak dipahami tentang penemuannya dalam fase pengamatan.
4.   Siswa menggali informasi tentang  reaksi eksoterm dan endoterm.

 Fase mengeksplorasi
1.      Masing – masing  kelompok  melakukan eksperimen yang bertujuan untuk membedakan ke dalam reaksi eksoterm dan endoterm. (LKS terlampir)
2.       menghubungkan antara fakta dari hasil pengamatan 
     dengan konsep yang ditemukan dari hasil menggali
     informasi dari internet maupun guru.

Fase mengasosiasi (Associating)
1.      Masing – masing kelompok menyimpulkan hasil
Eksplorasinya

Fase mengkomunikasikan (Communicating)

Guru meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan   hasil percobaan yang melibatkan perubahan suhu baik eksoterm maupun edoterm yang diperoleh masing-masing kelompok  pada fase  sebelumnya  (selama diskusi berlangsung  guru  berkeliling memantau kerja dari tiap-tiap kelompok)


110 menit
Penutup
1.      Guru dan siswa bersama – sama membuat kesimpulan
       hasil pembelajaran.
1.      Guru memberikan PR tentang bahan –bahan kimia yang ada dirumah siswa masing –masing  secara individu kepada siswa.
2.      Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang
3.      Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.

15 menit




H.    Penilaian
1.jenis/teknik penilaian
a. Kompetensi Sikap
·         Observasi
b. Kompetensi Pengetahuan
·         Tes tertulis
·         Penugasan
c. Kompetensi Keterampilan
·         Tes praktik / Tes Performance : Penilaian Presentasi


No
Aspek
Mekanisme dan Prosedur
Instrumen
Keterangan
1.
Sikap
-          Observasi Kerja Kelompok
- Lembar Observasi

2.
Pengetahuan
-          Penugasan
-          Tes Tertulis
-          Soal Penugasan
-          Soal Objektif

3.
Ketrampilan
-          Kinerja Presentasi
-          Laporan Praktik
-          Kinerja Presentasi
-          Rubrik Penilaian




Ambon, .....................
Kepala SMA Negeri ........                                          Guru Mata Pelajaran KIMIA
                                                                                   


                                   
............................                                            ............................
NIP. ........................                                       NIP. ........................


Lampiran 1  Lembar Pengamatan

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran            :.................................................................................
Kelas/Semester            :................................................................................
Tahun Ajaran              :................................................................................
Waktu Pengamatan     : ...............................................................................

Indikator perkembangan sikapreligius,tanggung jawab,peduli,responsif, dansantun
1.      BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
2.      MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.      MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.      MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Religius
Tanggug jawab
Peduli
Responsif
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















...






















Keterangan
1          BT= kurang
2          MT= sedang
3          MB= baik
4          MK= sangat baik

Lampiran 2
a.       Lembar Observasi dan kinerja presentasi mengenai sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran            : KIMIA
Kelas/Program : X/M-IPA
Kompetensi     : ……………
No
Nama Siswa
Observasi
Kinerja Presentasi
Jml
Skor

Kejujuran
Disiplin
Tanggung Jawab
peduli
Kerja sama
juml
Presentasi
Visual
Isi
(1
(2
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
1.       
Abdus Shamad
4
4
4
4
3
19
4
3
3
10

2.       












3.       












4.       












5.       












6.       












7.       












8.       












9.       












10.   












11.   












Keterangan pengisian skor
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang

PresentasiKelompok
Aspek:
1. Penguasaan Isi
2. Teknik Bertanya/ Menjawab
3 Metode Penyajian


Nilai= jlh skorperoleh/skor total x 100


INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.      Jujur
a.       Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.      Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
2.      Disiplin
a.       Selalu hadir di kelas tepat waktu
b.      Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
c.       Mentaati aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
3.      Tanggung jawab
a.       Berusaha menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
b.      Bertanya kepada teman/guru bila menjumpai masalah
c.       Menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya
d.      Partisipasi dalam kelompok

4.      Peduli
a.       Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang membutuhkan
b.      Menunjukkan rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c.       Mampu memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
d.      Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
5.      Kerja sama
a.       Mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh
b.      Menunjukkan sikap bersahabat
c.       Berusaha menemukan solusi permasalahan secara bersama dlm kelompoknya
d.      Menghargai pendapat lain

PEDOMAN PENILAIAN:
a.          Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu tertentu.
b.         Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut





Tidak ada komentar:

Posting Komentar